Rabu, 04 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kota Tegal

Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kota Tegal . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali terletak diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yg termahsyur . Desa tersebut disebut sbg pusat bisnis seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pd orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu saudara Jawa Tengah membangun usaha di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Keahlian mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg bercerita bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar membuat alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, panci, alat merebus air, juga lainnya tetapi sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan dekorasi hotel, gedung, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional maupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh pesat. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di NKRI juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya yakni hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka mau membantu para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi internet sangat membantu para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg terbantu yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke jakarta barat. Tak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan kuningan ke yogyakarta.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Pembeli jg bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka bisa mempunyai design pribadi kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan sangat beragam tetapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini yakni lebih dari satu faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yg digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah sebab bahan yg digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis dikenai ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Problem lainnya, ahli Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa mendapat harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga diharuskan inovatif juga diharuskan memantau permintaan masyarakat. Masa ini AA Gallery tak sekadar mendapat pesanan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tetapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang desain kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak sekadar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd pusat kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari lubuklinggau. Berbekal pengalaman puluhan thn membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk membuat kerajinan kuningan yg berkelas juga cocok yg diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar