Jumat, 13 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Tanah Datar

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Tanah Datar . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tsb dikenal sebagai pusat pengusaha kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jateng membangun usaha rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, ceret, and lain-lain namun sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan asesoris masjid, gedung, and lainnya.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai bergairah dgn meningkatnya orderan, baik orderan nasional ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh pesat. Banyak orderan datang dari banyak wilayah di Negara Kita and manca negara. Pesanan kerajinan logam meningkat sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi internet maka ingin membantu para ahli kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah and berbagai negara. Teknologi internet cukup membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke padang panjang. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke baubau.



Contoh Kerajinan Kuningan yakni lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, and lainnya. Customer juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga cukup bermacam-macam namun AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini ini yakni banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari wilayah lain tentunya secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pengrajin kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Permasalahan lainnya, pengrajin Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa memperoleh harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan wajib kreatif and wajib memantau selera konsumen. Masa ini AA Gallery tdk sekadar memperoleh orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior rumah tetapi telah merambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk sekadar satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari magelang. Bermodal pengalaman puluhan thn memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk memproduksi seni tembaga yang berkualiti and sesuai yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar