Jumat, 13 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Maluku Tenggara

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Maluku Tenggara . Desa Tumang, Boyolali-Jateng terletak di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Desa Tumang tsb disebut sebagai sentra produsen seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pada publik Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa saudara Cepogo-Boyolali membangun usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dengan hanya membuat alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, & lain-lain akan tetapi kini telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan ornamen cafe, kantor, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai daerah di Republik Indonesia & manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan sangat signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya ialah munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi internet maka ingin menolong para ahli kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi internet cukup menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sibolga. Tak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pangkal pinang.



Contoh Seni Kuningan ialah robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Konsumen juga dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat memiliki design pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga cukup bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini ialah lebih dari satu faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya juga murah sebab bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para ahli kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lain-lain, ahli Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dapat meraih harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh sebab tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan harus kreatif & harus menyesuaikan selera pasar. Kini AA Gallery tidak hanya meraih pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan hotel tetapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang design kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak hanya satu saja melainkan sangat banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu menjadi sentra aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari magelang. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham cara untuk membuat kerajinan tembaga yang berkelas & cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar