Kamis, 12 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kota Kupang

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kota Kupang . Kampung Tumang, Boyolali berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Kampung Tumang tersebut dikenal sbg sentra ahli kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali. Banyak family Cepogo-Jawa Tengah mendirikan kerja di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak pasar. Ketrampilan menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dg hanya membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, ceret, dan lainnya namun kini telah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan dekorasi cafe, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai menarik dg naiknya permintaan, baik permintaan nasional dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Republik Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam meningkat sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi internet maka akan membantu para perajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi internet begitu membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg terbantu adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jakarta timur. Nggak hanya tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bekasi.



Contoh Seni Logam Tembaga adalah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pembeli jg dapat mengorder kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka dapat memiliki desain pribadi selanjutnya AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan begitu beraneka ragam namun AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini adalah banyak faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi disebabkan bahan yg digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil semestinya harganya jg murah disebabkan bahan yg digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan semestinya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya auto ditambah biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam akan mahal. Permasalahan lainnya, perajin Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat menerima harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tersebut, produsen kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam diharuskan kreatif dan diharuskan memantau keinginan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tidak hanya menerima permintaan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan interior rumah tapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Tentang desain kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak hanya satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari jambi. Bermodalkan pengalaman puluhan th membuat kerajinan logam, AA Gallery semakin paham metode guna membuat kerajinan logam yg memiliki kualitas dan sesuai yg diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar