Jumat, 13 Maret 2020

Pengusaha Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Pelalawan

Pengusaha Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Pelalawan . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Perkampungan tsb diketahui sbg pusat pengrajin kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu family Jawa Tengah memilih kerja di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengukir kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, panci, alat merebus air, serta lainnya namun sekarang ini telah berganti ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris restoran, gedung, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai bergairah dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus tumbuh pesat. Banyak pesanan datang dari bermacam daerah di Negeri Kita serta luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga semakin begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya merupakan munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi internet maka akan menolong para perajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke semua daerah serta banyak negara. Teknologi internet cukup menolong para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yg tertolong merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke pekanbaru. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bima.



Contoh Seni Logam Tembaga merupakan lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat memiliki design sendiri selanjutnya AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin banyak yg menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam cukup beragam namun AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini merupakan beberapa variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yg dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya semakin murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam akan mahal. Problem lain-lain, pengusaha Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa menerima harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam harus inovatif serta harus menyesuaikan selera masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tidak sekadar menerima pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi kantor tapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menarik merupakan AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak sekadar satu saja tapi banyak.

Islamic Center itu telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian mjd pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari balikpapan. Dengan modal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk menghasilkan kerajinan tembaga yg ber-quality serta cocok yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar